Rabu, 30 Mei 2012

ester


Lilin lebah (Beeswax) adalah lilin alami yang diproduksi dalam sarang lebah oleh lebah madu.Lilin lebah  adalah sejenis  ester dari asam lemak dan berbagai alkohol rantai panjang. Biasanya, untuk lebah penjaga  madu, 10 kg madu dapat menghasilkan 1 kg lilin. Zat ini umumnya digunakan dalam lip balm, sabun, lilin dan produk lainnya.
Zat - zat yang terkandung pada Liilin lebah ( Beewax)
Hydrocarbons
14%
Monoesters
35%
Diesters
14%
Triesters
3%
Hydroxy  Monoesters
4%
Hydroxy Polyesters
8%
Acid esters
1%
Acid polyesters
2%
Free acid
12%
Free acohol
1%
Unidentify object
6%
  • Lilin lebah digunakan sebagai pelapis untuk keju, untuk pengawet  makanan. Dan sebagai perasa makanan.
  • Sebagai produk perawatan kulit, sebuah penelitian di Jerman menemukan lilin lebah untuk menjadi  semacam "krim penghalang" (krim biasanya minyak mineral berbasis, seperti petroleum jelly ), bila digunakan sesuai dengan protokol.
  • Lilin lebah merupakan bahan dalam bedah tulang.
  • Lilin lebah adalah bahan baku utama untuk lilin sampai pengembangan produk minyak bumi yang lebih murah seperti lilin parafin.




2 komentar:

  1. Apa perbedaan keju yang dilapisi dengan lilin lebah dengan yang tidak? Lilin lebah digunakan sebagai pelapis untuk keju, untuk pengawet makanan.Jika tidak dilapisi tidak akan tahan lama.Kemudian bagaimana proses pelapisan keju dg menggunakan lilin lebah itu?
    ada yang tahu,,,bantu y

    BalasHapus
  2. banyak jenis cairan yang dihasilkan lebah, Dari 5 jenis cairan yang dihasilkan oleh lebah, masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda
    Bee Honey (madu), royal jely, Bee Wax dll.
    dalam pelapis keju termasuk cairan lebah Bee Wax
    yang berupa lilin, dikenal dengan lilin lebah.
    kemungknan proses waxing atau pelapisan pada produk hortikultura seperti yang saya baca tehnik pelilinan http://lordbroken.wordpress.com/2010/07/14/proses-pelilinan-waxing-pada-produk-hortikultura/
    menurut saya pelininan itu melindungi warnakeju, jadi terlihat tepa lebih segar,

    BalasHapus